Monday, 24 April 2017

Yakin, Hidup Kita Tak Ada Dosa?

Tak ada gading yang tak retak. Begitu pepatah mengatakan. Artinya tidak ada manusia yang tak punya salah. Sesempurnapun orangnya, tetap pernah melakukan kesalahan. Tapi Allah menyediakan suatu media dimana kesalahan yang sangat mungkin melahirkan dosa dengan suatu pertaubatan.

Disinilah sering kali yang membedakan banyak manusia. Bertaubat. Tidak mudah taubat itu dilakukan. Banyak faktor kenapa taubat bisa terhalang. Diantaranya karena merasa tidak ada dosa. Kalau ini yang sudah menjadi faktornya, apapun dosa yang dilakukan, maka tidak terbesit sedikitpun bergerak untuk taubat. Tapi bila sadar telah melanggar perintah, sekecil apapun dosanya, bongkahan hati akan mudah menerima cahaya taubat.

Sunday, 23 April 2017

Yakin, Hidup Kita Penuh Pahala?

Indah rasanya saat hidup kita dipenuhi ketaatan. Selalu dihiasi kesibukan dalam mencari ridho-Nya. Tak ada waktu sedikitpun terbetik melakukan maksiat. Sampai mengira hidup kita dipenuhi pahala. Dan syurgapun sepertinya selangkah lagi kita dapatkan. Tapi tunggu dulu. Apakah itu hanya perasaan kita saja? Merasa hidup kita penuh pahala hanya karena banyak amal shalih yang kita lakukan.

Saturday, 22 April 2017

Maut Tak menunggu Kesiapanmu

“Shalatnya nanti saja. Bisa luntur make upmu kalau untuk wudhu”. Kata ibu mengingatkan anaknya yang telah berhias, dan akan melangsungkan pernikahan malam itu. Tapi karena waktu shalat datang, wanita tersebut tidak bisa menunda shalat. Ia tidak terbiasa menunda shalat, yang akhirnya hilang keutamaan shalat tepat waktu.

Sang Ibu terus mengingatkan agar shalat diundur sampai pernikahan selesai. Namun ia tetap mengambil wudhu. Lunturlah make up yang tentu saja tidak butuh waktu sebentar menghiasnya. Tapi baginya, tak ada yang lebih berharga dari pada shalat tepat waktu.

Friday, 21 April 2017

Maut Tak Menunggu Umurmu

Saya masih ingat saat ustadz saya bercerita. Ada kakak beradik naik sepeda. Mereka  berboncengan hendak membeli sesuatu di warung yang cukup jauh dari rumahnya. Kakak beradik ini melewati jalan raya. Banyak mobil-mobil besar lewat. Mereka mengambil jalan melewati pinggir-pinggir aspal.
Entah kenapa tiba-tiba keduanya terjatuh. Mungkin karena ban sepeda terpeleset di pinggir-pinggir aspal, jadi kehilangan keseimbangan, dan terjatuh.
Saat itu sang adik terjatuh ketengah jalan dan sang kakak terjatuh di pinggir aspal.
Tiba-tiba saja ada mobil besar lewat.
“Cress…..”

Thursday, 20 April 2017

Tamu Agung Mau Datang. Siapkah Kita Menjamunya Dengan Baik?

“Kayaknya baru kemaren ramadhan, eh udah mau ramadhan lagi!”.

Mungkin kata-kata itu menjadi perwakilan dari kalimat yang semisal. Merasa heran, seperti waktu setahun berjalan begitu cepat. Tamu itu kembali datang menyapa kita.
Dia mengetuk di setiap pintu rumah umat Islam. Akankah ada penghuni rumah yang bersedia memuliakannya seperti tahun-tahun lalu?
Ataukah dikalahkan oleh urusan dunia yang semakin menumpuk?

Berbagai macam bentuk bagaimana muslim hari ini menyambut tamu agung tersebut. Dari situlah muncul klasifikasi. Secara garis besar ada tiga macam muslim dalam memuliakan tamu agung ini.

Wednesday, 19 April 2017

Kejadian Berdarah Polisi Menembak Penumpang Mobil

Ada insiden naas yang baru-baru ini kita dengar. Seorang polisi menembak beberapa penumpang yang berada di mobil pribadi. Satu meninggal dan lainnya luka-luka. Kronologisnya, bahwa saat ada razia sebuah mobil mencoba menghindari razia polisi. Namun polisi melepas tembakan ke arah mobil yang berusaha kabur. Akhirnya korban tidak dapat dihindari.

Mendengar polisi yang dianggap melakukan aksi koboi itu, rasanya masyarakat hari ini ketidak percayaan pada polisi yang katanya mengayomi masyarakat makin menebal. Tapi sebenarnya kita harus bersikap bijak menghadapi kabar seperti ini. Kalau dilihat dari kedua belah pihak, sebenarnya semua salah.

Tuesday, 11 April 2017

Pengamen Jalanan

Saya dan seorang teman sedang asyik duduk di sebuah ruangan, menunggu jadwal keberangkatan bis di salah satu agen bus Bekasi.  Terdengar suara musik cukup keras dari arah luar. Tak lama muncul 3 sosok "makhluk berambut panjang.
"Oh ternyata ada perempuan lagi ngamen", pikir saya.
 Namun tak sengaja saat melihat sekilas wajah mereka, Innalillah, alangkah kagetnya saya. Ternyata 3 manusia berambut panjang itu laki-laki semua.
"Ya Allah, Mimpi apa semalam kok bisa ketemu sama orang yang ngeri kayak gitu?"

Monday, 10 April 2017

Kontroversi kedatangan Dokter Zakir Naik

Setelah tenggelamnya kabar kedatangan Raja Salman, kini diriuhkan kabar kedatangan Da’i Internasional dari Mumbai India, Dokter Zakir Naik. Berbeda dengan Raja yang datang  ke beberapa tempat wisata. Dokter Zakir Naik ini mendatangi kebeberapa tempat untuk membuka dialog dari berbagai latar agama. Sebelumnya ia sudah ribuan kali menjadi pembicara di seluruh dunia.

Namun bau tuduhan dan kontroversi berhembus cukup kencang di Indonesia dari berbagai kalangan. Berbagai tuduhan yang tak layak pun beliau dapatkan.

Friday, 7 April 2017

Inilah Puncak Memberi Maaf

Maaf adalah perbuatan mulia. Namun susah memaksa jiwa untuk tunduk terhadap perkara mulia tersebut. Sebab maaf lahir dari hati yang murni. Terlebih hendak memaafkan seseorang sedangkan dalam kondisi mampu untuk membalas perbuatan orang yang akan meminta maaf.

Rosulullah sebagai manusia yang sempurna dalam akhlaknya, mengajarkan kepada kita tentang lapangnya jiwa yang terbebas dari kekangan nafsu.

Thursday, 6 April 2017

Jejak Romawi Dalam Islam

Romawi yang dalam Islam disebut dengan Bani Asfar, merupakan salah satu dari super power sebelum Nabi Muhammad diutus. Saat itu ada dua kekuatan besar yang memiliki kekuasaan luas.  Persia dan Romawi. Secara Ideologi, Persia menginduk pada peribadatan Majusi, menyembah api. Adapun Romawi menginduk pada penyembahan Yesus.  Namun hal yang berbeda dari dua kekuataan ini adalah, Persia berdiri pada satu kepemimpinan, sedangkan Romawi terbelah menjadi dua. Yaitu Romawi Timur dan Barat.

Wednesday, 5 April 2017

Gas Beracun itu"Merenggut"mu

Belum lama ini saya lihat kabar-kabar yang berseliweran di Facebook dan IG, baik itu dari share, sampai berita yang disebar oleh Fanspage resmi dari para Lembaga sosial lokal dan internasional. Kabar itu begitu menyayat hati. Setiap saya baca berita yang disertai video asli itu hati saya menjerit dan tak tega melihatnya.

Menurut saya peristiwa itu adalah termasuk dari tragedi genosida terhadap rakyat Syiria yang sudah berapa kali saja dilakukan. Berita yang saya baca menyebutkan bahwa Pesawat-pesawat Rusia menjatuhkan bom yang berisi gas beracun Klorin. Gas ini begitu mematikan hingga banyak korban yang berjatuhan. Video yang saya lihat menunjukkan bekas bom yang melubangi jalanan aspal cukup dalam. Ya, bom itulah yang merenggut banyak korban.

Tepatnya di di wilayah Khan-Sheikhun, Idlib, didapati korbannya kebanyakan anak-anak. Saya lihat dalam video itu korban berjatuhan di pinggir jalan dekat reruntuhan. Ada seorang bapak tergeletak tanpa baju diluar rumah, dengan kondisi nafas yang tak beraturan. Tubuhnya kejang-kejang, disertai mata yang melotot. Mulutnya terbuka lebar sambil mengeluarkan banyak busa.

Tuesday, 4 April 2017

Mari Mengeluh

Pernah ngeluh? Pasti pernah dong. Hebat kalau belum pernah ngeluh. hehe. Duit tinggal dikit, ngeluh. Kepala pusing, ngeluh. Disakitin temen, ngeluh. Masalah apa aja ngeluh.

Apa sih yang buat kita ngeluh? Tentu jika musibah atau masalah yang datang menimpa kita. Keluhan seringkali disampaikan ke teman, saudara atau orang terdekat kita. Malah tak jarang kita ngeluh sendiri. Yang penting jangan ketawa sendiri ya. he
Pertanyaannya, sebenernya ngeluh itu boleh gak sih? hemm. Yuk simak ulasan dibawah.

Monday, 3 April 2017

Cerita Dari Tukang Ketoprak

Seperti biasa saya mulai kerja jam 8 pagi. Kebetulan hari itu belum sarapan. Karena gak kuat nahan laper, akhirnya keluar bentar cari something yang bisa dimasukin ke perut. Rencana mau cari nasi kuning langganan, mungkin terlalu siang, warung nasi kuningnya sudah tutup.

Saya cari alternatif sarapan lainnya seperti nasi uduk. Ternyata sama aja nasibnya. Sudah pada tutup. Akhirnya mau tidak mau ambil alternatif terakhir, sarapan ketoprak. Sebab saya liat dari tadi ketoprak sudah nongkrong di pinggir jalan. Mangkalnya dekat dengan sekolah tsanawiyah. Saya langsung memakirkan dipinggir jalan dekat gerobaknya.

Sunday, 2 April 2017

Menjalin Ukhuwah Menuju Kebangkitan Dan Kejayaan Umat Islam


Ust. DR. Adian husaini MA. Berkesempatan mengisi di sebuah acara gerakan shubuh  pada 2/4/17 di masjid Al-Muhajirin Cikarang. Beliau yang dikenal sebagai tokoh pemikir untuk membendung pemikiran intelektual yang kebablasan (sepilis: sekuralisme,  pluraslime dan liberal), menyampaikan wawasan keilmuannya. Berikut saya sajikan poin-poinnya.

Saturday, 1 April 2017

Bentuk Futuhat Muslimin Dengan Penaklukkan non Muslim

Saat suatu bangsa menguasai sebuah tempat, hal yang paling dikhawatirkan adalah kerusakan dan kehancuran negeri yang dikuasai tersebut. Bahkan pembantaian yang besar bisa terjadi. Namun berbeda bila Islam yang menguasai suatu daerah. Ahli sejarah tidak menggunakan kata “menguasai”. Tapi menggunakan kata “futuhat”, yang artinya terbuka. Penamaan itu bukan sembarang. Sebab diambil langsung dari Al-Qur’an yang terdapat pada surat Al-Fath. Meski memiliki nama sederhana, tapi nama itu bisa mengandung keberkahan.