Friday, 31 March 2017

Seorang Sopir Yang Kritis

“Eh mas, kalo ngelakui kayak gitu mending turun aja sekarang” Ujar sopir kepada dua penumpang di belakang.

Suaranya sedikit emosional. Meski dua penumpang itu harus dihormati karena memakai jasa online, tapi bukan berarti mereka bebas ngelakuin semaunya.

Didapati dua penumpang laki itu berciuman. Ternyata mereka sepasang homo. Naudzhubillah.


Sang sopir patut diberi apresiasi atas keberanian menegur langsung sepasang gay itu. Sebab jarang  ada sopir yang langsung menegur keras perbuatan yang jelas-jelas maksiat.

Thursday, 30 March 2017

Dia Bagian Diriku, Dan Diriku Bagian Dari Dirinya

“Jangan tertipu dengan penampilan”


Kalimat diatas mungkin sudah tak asing kita dengar.  Kalimat singkat diatas mengandung pesan, agar tidak mudah menilai seseorang hanya dengan fisik dan penampilan luar. Hampir mayoritas masyarakat hari ini mudah menilai hanya dari keadaan lahir.

Tak heran, sebab hal itu terdorong dengan kondisi hari ini yang lebih memprioritaskan dunia. Sehingga banyak yang menganggap jika seseorang itu penampilannya menarik, modis, pakaiannya bagus dan tidak lusuh apalagi kampungan, berarti kaya. Padahal belum tentu.

Wednesday, 29 March 2017

Shalat Berasa Lama? Mungkin Ini Bisa Menjadi Solusi

Pernahkah kita saat shalat inginnya cepat selesai? buru-buru? Ya, sepertinya pernah, bahkan sering. Shalat merupakan ibadah yang dikategorikan sangat penting. Sampai Nabi menyebutkan sebagai tiang agama. Di akherat pun shalat adalah ibadah yang pertama kali dihisab oleh-Nya.

Tapi kenapa ibadah yang termasuk pada posisi tinggi di mata Allah, bagi kita justru ingin segera menyelesaikannya?  Itu menandakan ada sesuatu yang salah pada diri kita memandang shalat. Ada dimensi yang harus diubah saat shalat sedang berlangsung. Sehingga membuat shalat terasa nikmat bukan lagi menjadi beban. Tapi bisa mengubah menjadi penghilang penat selepas bergulat dengan dunia yang tak ada habisnya.

Tuesday, 28 March 2017

Mewaspadai Kebangkitan PKI

Masjid di komplek Sekolah Tinggi Al-Islam Bekasi, pada tanggal 28/03/17 mengadakan acara yang berjudul “Mewaspadai Kebangkitan PKI”. Nara sumbernya adalah Ust. Drs. Alfian Tanjung dan Mayor pak Kivlan Zen. Mereka ini termasuk diantara tokoh lainnya yang terus gencar menyadarkan ke masyarakat bahwa PKI berusaha bangkit.

Pak Kivlan Zen pernah termasuk dari daftar pembunuhan oleh PKI. Dan tak mustahil Ust. Alfian Tanjung menjadi target pembunuhan. Sebab PKI sudah gerah dan panas dengan beliau karena selalu menyadarkan umat Islam akan bahaya latin PKI.

Sunday, 26 March 2017

Behind The scene Of The Cat

Entah kenapa saya suka dengan hal yang berkenaan kucing. Selain memang kucing adalah hewan yang biasa sering kita temukan disekeliling kita, ia juga hewan yang mudah akrab dengan manusia. Apa dalam diri saya memiliki prikekucingan? Ah biar lah. hehe. Begitu sukanya saya sama kucing, biasa sebelum tidur saya lihat film tentang kelucuan kucing di youtube. Malah sampai ketiduran. Deh.
Pernah juga saya nonton dua film yang berkenaan dengan kucing. Judul filmnya “Neko nanka yondemo konai”  dan “A Street Cat Named Bob”. Saya review sedikit ya, filmnya. Siapa tahu ada yang tertarik.

Thursday, 23 March 2017

Al-Maidah ayat 51 tidak berlaku (expired)?

Baru-baru ini dihebohkan sebuah pernyataan dari salah satu pengurus PBNU mengenai surat Al-Maidah ayat 51. Ia menyebutkan bahwa surat Al-maidah ayat 51 sudah tidak berlaku untuk saat ini. Pernyataan itu didasari dari sebab turunnya surat Al-Maidah ayat 51 tersebut. Katanya, ayat itu turun saat peperangan dan ramainya pengkhianatan.

Sedangkan hari ini tidak terjadi perang. Beda dengan jaman dulu.
Pernyataannya membuat hati umat Islam miris mendengarnya.
Kenapa? Karena seluruh isi dari Al-Qur’an jelas tidak ada yang expired sampai akhir zaman. Isi kandungannya selalu cocok dengan perkembangan zaman. Ayat Al-Qur'an bukan sebuah barang yangada masa kadaluarsa. Tapi ayat suci ini adalah firman Allah yang berlaku hingga kiamat. Lah, ini kok ada seorang pengurus PBNU dan berlatarbelakang pemahaman Islam yang mendalam bisa mengatakan seperti itu. Dikemanakan selama ini ilmunya bila pernyataannya tak sejalan dengan pengurus PBNU dan MUI? Mungkinkah telah tergadaikan dengan uang?

Wednesday, 22 March 2017

Kisah Pemuda Dan Sebuah Terong


Seorang anak muda mendatangi masjid At-Taubah untuk menuntut ilmu. Masjid itu letaknya ada di kota Damaskus hari ini. Besarnya semangat dalam mencari ilmu, tidak menghiraukan kondisinya yang miskin. Dengan jujur, ia sampaikan hajatnya serta kondisinya saat itu ke guru yang akan mengajarnya.


Gurunya berkata,“Kamu harus bersabar hidup dengan saya. Makanan apapun yang nanti saya makan, maka kamu harus ikut makan.”
Pemuda tadi setuju dengan gurunya itu.
Sudah berjalan tiga bulan. Diketahui bahwa ternyata gurunya sangat zuhud. Jika ada makanan, baru bisa makan. Bila tidak ada sama sekali, maka puasa. Gurunya sudah biasa melakukan itu. Tapi tidak dengan murid barunya. Dan hari itu adalah hari ketiga dimana sudah tiga hari berturut-turut puasa karena tidak ada makanan. Sahur dan buka dengan sebutir kurma dan segelas air saja.

Tuesday, 21 March 2017

Surat Cinta Untuk Saudara Semuslim


Menyusul berbagai tragedi yang melanda sesama muslim di Indonesia, kita sangat prihatin akan ukhuwah yang mudah sekali pecah. Satu sisi ada kelompok yang menganggap diri paling sunnah, mengharamkan hizbiyyah dan berorganisasi.

Mudah menjatuhkan selain kelompoknya  dengan sebutan takfiri dan ahlu bid’ah. Disisi yang lain ada kelompok bermahdzab yang mengagungkan tradisi dan adat serta sangat menghormati para guru mereka. Kemudian orang yang tidak mengakui tradisi dan adat yang mereka lakukan, maka akan dianggap dengan sebutan “Wahabi”.

Monday, 20 March 2017

Hikmah HP Yang Hilang


Pernah ada yang merencanakan musibah? Tentu tidak ada. Musibah sifatnya datang tak diduga dan tak bisa direncanakan. Mungkin ada diantara kita yang siap-siap menerima musibah, eh malah ternyata tak kunjung tiba. Giliran tidak memikirkannya, tiba-tiba saja datang dengan dadakan. Bisa dibilang musibah tiba disaat kita tak siap menerima kehadirannya. Setuju?  Terserah setuju atau tidak. Yang jelas reaksi buruk atau baik saat datang musibah adalah pilihan kita. hehehe...

Friday, 17 March 2017

Ah, Nanggung!!!

Nanggung? Apa ya, yang tepat membahasakan kata nanggung ini? Saya pun agak kebingungan. hehe...
Yang jelas kita pasti pernah mendengar kata tanggung. Kata tanggung sepertinya bisa diartikan dengan tidak tuntas atau dengan sebutan, “ngapa gak sekalian aja”. Yah begitulah kira-kira.

Menurut saya tidak ada yang salah dengan kata tanggung ini. Hanya saja sering kali kita salah menempatkannya.

Thursday, 16 March 2017

Masih Percaya Jimat?


Salah seorang teman bercerita. Dia memiliki teman kerja yang sudah memiliki anak perempuan. Kini anaknya telah menikah dan memiliki anak. Di suatu malam sang istri menyampaikan bahwa uang untuk keperluan dapur sudah habis. Tapi tidak ditanggapi oleh sang suami. Dia melengos saja dan pergi ke atas kasur.

Dipertengahan malam si istri memberanikan diri untuk mengambil uang dari dompet suami. Setelah dilihat, ia menemukan secarik kertas yang didalamnya tertulis kata-kata yang susah dipahami. Tapi sang istri menebak kalau kertas itu adalah jimat. Tidak lama dia langsung membangunkan suami yang terlelap tidur.

“ Mas bangun!!!” Si Istri membangunkan sang suami.
“Ini apa mas, kok ada benda kayak gini di dompet mas?”
Tahu Istri mendapatkan dompet yang didalamnya ada kertas itu, dia langsung naik darah.
“Bawa kesini gak dompetnya!!!” Teriaknya keras.

Wednesday, 15 March 2017

Pendosa yang Masuk Syurga dan Ahli Ibadah yang Masuk Neraka




Sepertinya ada yang aneh dari judul diatas. Pernah saya posting kalimat diatas di jejaring sosial. Tanggapannya pun tak jauh beda sama kalimat tersebut. Seharusnya kan pendosa ya balasannya neraka. Dan ahli ibadah balasannya syurga! Kok ini malah terbalik, pendosa yang masuk syurga dan ahli ibadah yang masuk neraka?
Whats Going on?