Monday, 24 August 2015

Cara Mengambil hikmah/Kesimpulan Dari Suatu Kejadian


cara mengambil hikmah, tips memetik hikmah, bagaimana cara hikmah didapat
Setiap manusia pasti pernah mengalami suatu kejadian yang tidak pernah diduga. Apakah itu dari suatu yang mendatangkan kesenang/gembira atau bahkan sedih dan membuat galau terus-menerus. Namun jangan dibuang mentah-mentah dulu kejadian itu. Pasti akan ada hikmah dan pelajaran serta kesimpulan untuk kita.  Siapa tahu itu akan menjadi sesuatu hal yang dapat merubah kita agar menjadi orang yang lebih bijak dalam menghadapi kejadian-kejadian setelahnya yang tidak kita inginkan.


Cara mengambil sebuah hikmah ini pastinya tidak akan didapat kecuali orang yang berfikir. Dari situlah berarti sama saja ia membuka fikiran untuk menerima apa yang terjadi atas dirinya dan yang ada disekelilingnya. Begitu juga ia selayaknya melihat suatu kejadian dari sudut pandang yang berbeda. Memang orang lain menilai dengan mata sebelah. Tapi tidak untuk orang ini. Ia melihatnya semakin memotivasi dirinya supaya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Contohnya melihat orang cacat. Mungkin sebagian orang jika melihat orang cacat akan merendahkannya atau bahkan menghinanya. Tapi untuk orang yang berfikir, justru hal itu menjadi motivasi bagi dirinya. Apalagi jika fisiknya yang cacat tidak menghalangi dirinya untuk berdiri dipanggung sukses. Maka akan lebih besar lagi memotivasi orang tersebut terbakar dengan luapan semangat. Orang cacat saja bisa sukses, kenapa yang lebih sempurna tidak bisa? Itu akan menjadi tamparan positif agar lebih baik dari sebelumnya.

Berikut cara-cara mengambil hikmah dari  sebuah kejadian.
-         -  Jika suatu hal terjadi pada kita suatu musibah apa saja, mari berusaha agar melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Jika dompet kita dicuri orang, misalnya, mungkin kita jarang infak. Mungkin kita pelit, dll. Meskipun bisa jadi penyebabnya kita kurang hati-hati dalam menjaga dompet itu, sehingga dicopet. Memang itu juga bisa menjadi pelajaran kedepannya agar menaruhnya ditempat yang aman dari copet. Tapi berusahalah melihat dari sudut pandang yang beda dari kebanyakan orang.

-            -        Jika suatu hal buruk terjadi pada kita, usahakan agar tidak mencela apa yang baru dialami. Karena hal itu bisa menghalangi sehatnya pikiran untuk mengambil sisi positifnya.

-        -      Intropeksi setiap mau tidur atas kejadian yang telah dialami, membantu untuk membuka sedikit hikmah didalamnya.

--       -    Ceritakan kepada teman dekat dari apa yang sudah kita alami. Jika teman kita tersebut paham dalam agama, dia tentunya lebih mudah membantu kita agar memandang setiap musibah dari sudut yang berbeda.

Semoga artikel cara mengambil hikmah/kesimpulan dari setiap musibah ini bermanfaat untuk pembaca. Dan hal yang terpenting jika mendapat musibah adalah dengan bersabar, dan berusaha untuk terus bersabar.


No comments:

Post a Comment